Cari Cepat Google

Rabu, 12 Februari 2014

Teknologi Sederhana Pembuatan Filter Saringan Air Sumur

Sudah agak lama tidak menulis di blog ini, tiba-tiba muncul ide untuk menulis sebuah ulasan sederhana tentang Teknologi Sederhana Pembuatan Saringan Air Sumur sesuai dengan pengalaman yang dialami setelah menempati tempat tinggal yang baru.

Jengkel dan kesal rasa nya jika ternyata perumahan yang di tempati tidak memiliki air yang bersih yang layak untuk di minum apa lagi buat mandi, ,mencuci dan yang paling kesal nya keramik/lantai kamar mandi warna nya berubah menjadi kuning, dan wastafel jadi karatan.

Tidak puas rasa nya dengan memasukkan beberapa bahan kedalam sumur berupa pasir, ijuk, bata, kerikil kedalam sumur yang ada, air tetap berubah menjadi warna kuning, apa lagi jika tidak terjadi sirkulasi air di dalam sumur dalam 1 atau 2 hari, warna air akan berubah menjadi kuning dan mengeluarkan bau, kemudian melakukan penjelajahan di dunia internet (Mr.Google) bagaimana cara membuat saringan/penyaringan air sumur atau bagaimana membuat filter saringan air.

Dari beberapa artikel yang dibaca kemudian dicoba membuat sketsa sederhana untuk pembuatan Teknologi Sederhana Pembuatan Saringan Air Sumur seperti gambar berikut :
Gambar 1. Sketsa Teknologi Sederhana Pembuatan Saringan Air Sumur


Kett:
1. Sumur
2. Pompa Air
3. Filter 1
4. Filter 2
5. Filter 3

Setelah sketsa selasai dirancang kemudian dilakukan pembelian beberapa bahan yang disesuaikan dengan kebutuhan antara lain
1.   Pipa Air 3"
2.   Soket 3"
3.   Dop (Tutup Pipa yang bisa dibuka/pasang untuk memasukkan bahan-bahan filter ke dalam pipa)
4.   Water Mark v soket 1x3/4 (penyambungan antara filter 1,2,3)
5.   Lem Pipa
6.   Isolasi Pipa
7.   Pipa ukuran 3/4
8.   Filter 1 berisi : Ijuk - Pasir - Ijuk - Kerikil Ziolit - Kerikil Aquarium - Ijuk (atas ke bawah)
9.   Filter 2 berisi : Ijuk - Arang Kelapa - Ijuk (atas ke bawah)
10. Filter 3 adalah filter jadi biasa nya ada dijual di toko
11. Clean Out/Penutup Soket 3"

Sementara alat yang dibutuhkan untuk pembuatan Teknologi Sederhana Pembuatan Saringan Air Sumur antara lain:
1. Gergaji  = Untuk memotong pipa air
2. Bor = Untuk membuat lobang gantungan Filter 3 atau bisa diganti dengan Paku Beton
3. Penggaris/mistar/roll

setelah semua bahan terkumpul maka mulai lah dirakit Teknologi Sederhana Pembuatan Saringan Air Sumur dengan langkah sebagaiberikut:

  1. Potong pipa 3" sepanjang 75 cm sebanyak 2 bagian
  2. Pada bagian bawah pipa 3" tutup dengan Clean Out, sambung dengan lem pipa dan pasang dengan rapi supaya tidak bocor
  3. Pada bagian atas bentuk lah lobang dengan ukuran 3/4 untuk memasang sambungan ke pipa 3/4, bor lah dengan rapi dan hati-hati kemudian sambung dengan Water Mark v soket 1x3/4, lem dengan rapi, karena dari pengalaman proses ini lah yang agak sulit.lakukan dengan posisi seperti gambar berikut:
  4. Sambung lah Filter 1, Filter 2 dan Filter 3 dengan pipa ukuran 3/4 sesuaikan ukuran nya dengan ruang yang akan dipasang filter-filter tersebut:
  5. Masukkan bahan-bahan penyaring yang sudah diuaraikan diatas, sesuai kan dengan kebutuhan.
Adapun hasil yang sudah selesai dibuat seperti gambar berikut:


 hasil yang diperoleh dengan pembuatan filter tersebut adalah seperti gambar berikut:


dari hasil yang didapatkan air sudah jernih, tapi belum digunakan untuk memasak makanan karena belum tentu streril, harus dibawa ke laboratorium untuk diteliti apakah sudah steril atau belum.
untuk mendapatkan hasil yang maksimal filter 3 bisa ditambah 2 filter lagi sehingga ada 3 filter dengan susunan sebagai berikut:
1. Filter 3 untuk penyaring tahap 1 dari kotoran-kotoran dari Filter 1 dan 2;
2. Filter 4 untuk penyaring tahap 2 dari kotoran-kotoran dari Filter 1 dan 2
3. Filter 5 untuk penyaring tahap 3 dari aroma dan bau.
 setelah filter ini selesai dibuat, air sudah digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti mandi dan mencuci dan keramik/lantai kamar mandi sudah tidak kuning lagi.

Semoga artikel yang dibuat ini bermanfaat untuk para pembaca, jika ada hal yang ingin di konsultasikan, bisa tinggal kan comment dan akan dijawab sesuai dengan pengalaman yang sudah dialami.









29 komentar:

  1. Mohon info bgmn caranya agar pasir tidak bercampur dg ijuk? Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Repot pakai ijuk hrs sering di cuci ntar habisi waktu urus air terus, pakai tabung isi pasir silika yg halus hasil pun benar2 bagus dan mantap thanks

      Hapus
    2. Silahkan Baca ini gan,
      http://agara-net.blogspot.co.id/2015/07/teknologi-sederhana-pembuatan-filter.html

      Hapus
  2. wah sangat kreatif ya,saya juga menjual filter air sumur dengan teknologi moderen gan,tapi good job deh dan benar2 orang indonesia yang kreatif

    BalasHapus
  3. Kepada Sdr. Winarto Ery Soetrisno dari pengalaman dilapangan untuk mencegah agar pasir tidak bercampur dengan ijuk adalah dengan cara menambahkan filter busa yang disusun antara ijuk dan pasir, bisa di beli di toko toko aquarium.

    Kepada filter air. terimakasih, sukses buat usaha filter air nya y gan

    BalasHapus
  4. Berapa bulan sekali media filter harus dibersihkan ? Pasti ada endapan kotoran yang menumpuk dalam media filter tersebut selama pemakaian kan ? Trims sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya tabung buatan juga kurang maksimal malah repot, harga juga tdk murah baiknya beli tabung saringan buatan RRC harga cuma Rp 750,000 bisa back wash , bilas dan hasilnya juga bagus thanks

      Hapus
    2. Menurut saya tabung buatan juga kurang maksimal malah repot, harga juga tdk murah baiknya beli tabung saringan buatan RRC harga cuma Rp 750,000 bisa back wash , bilas dan hasilnya juga bagus thanks

      Hapus
  5. Untuk beli filter yg ke 3 dmna ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya di toko alat-alat pompa air gan..harganya kisaran 150.000-an untuk tabung..80.000-an untuk filternya..

      Hapus
  6. Kemaren saya beli di toko bangunan gan. sebenar nya ada 2 jenis, tapi saya pasang 1 jenis saja.
    jenis pertama untuk penyaring kotoran air (warna nya putih) dan yang kedua sebagai penyaring lanjutan dan penghilang bau (warna hitam)
    dari segi harga kemaren saya beli sekitar Rp. 110.000 sedangkan yang hitam lebih kurang Rp. 135.000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh hanya sementara aja carbon aktif tahan 3-4 bulan air tetap jernih

      Hapus
  7. Klu filter ny di pasang dekat bak penampungan bs g ya

    BalasHapus
  8. sebaiknya filter dipasang pada bagian keluaran pompa air, kalau pompa air nya dekat bak penampungan pu tidak apa-apa, karena untuk melewati filter air butuh tenaga dorongan dari pompa air

    BalasHapus
  9. Untuk Isi filter 1 dan 2 apakah diisi penuh sesuai dgan tinggi pip filter? Atau hanyaa beberapa saja.. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isi penuh tabung kurang dari 1/4 tabung bisa di back wash dari arus air berlawanan

      Hapus
    2. Isi penuh tabung kurang dari 1/4 tabung bisa di back wash dari arus air berlawanan

      Hapus
  10. untuk filter nya diisi sebagian saja, karena kalau filter dibuat sama dengan tinggi pipa tekanan air yang keluar akan semakin kecil. untuk pembuatan filter yang baik silahkan baca
    http://agara-net.blogspot.com/2015/07/teknologi-sederhana-pembuatan-filter.html
    terimakasih atas comment nya

    BalasHapus
  11. Beli ijuk dan krikil ziolit tu di mana ya gan?

    BalasHapus
  12. Kalo ijuk belinya di toko kelontong atau warung2 rumah tangga gan, kalau krikil ziolit di toko aquarium ikan, tapi saran saya coba baca http://agara-net.blogspot.co.id/2015/07/teknologi-sederhana-pembuatan-filter.html link itu, filter nya lebih simple, hasil nya memuaskan

    BalasHapus
  13. Peluang usaha bagi yang ingin jadi pengusaha, tapi bingung usaha apa??? Sudah punya kerjaan tapi pingn dapat penghasilan tambahaan??
    Pekernalkan saya marketing online dari cv.ksm, menawarkan MESIN DEPO AIR ISI ULANG MINIMAX,harga hanya 10jt, bentuknya minimalis 90x50x180cm sebesar kulkas, tapi hasil produksi dan kualitasnya sama seperti depo air seharga 18jt. mesin siap di pakai jualan, bonus 5 galon kosong, 100pcs tisu basah dan tutup galon.
    KEUNGGULAN PDODUK MINI SET :
    * HEMAT LAHAN (tidak memerlukan tempat yang lebar)
    * HARGA LEBIH EKONOMIS (silahkan di bandingkan dengan yang lain)
    * KEMAMPUAN/KWALITAS MESIN TETAP OKE walaupun dengan harga jauh lebih murah (sama dengan depo air seharga 18Jt)
    * 2 ruang KBU dengan 3 fungsi :
    1. Ruang cuci+isi
    2. Ruang isi
    * HEMAT BIAYA PENGIRIMAN, dengan kerangka yang mini lebih mudah untuk pengiriman dan tentu lebih murah.
    * Prodak ashli rakitan kami CV.KARYANA SUKSES MANDIRI, Di jamin tidak ada di tempat lain(kecuali mereka menjiplak), Pesanlah sebelum orang lain membuka depo air yang sama di daerah anda.
    (SIAP KIRIM KE SELURUH WILYAH DI INDONESIA)
    Contac person
    HUB : 081217213645
    SMS : 085746237844
    OFFICE : SUKODONO,SIDOARJO
    note : Juga Cocok untuk kantor/industri,Pondok2 pesantren, sekolah dll untuk memenuhi kebutuhan air minum karyawan, siswa-i, guru, hitungan lebih hemat memproduksi sendiri dari pada slalu beli air minum isi ulang diluaran.

    BalasHapus
  14. Caranya dah benar tapi tetap kurang maksimal biar pun pakai 10 sarigan, kenapa? Karena air sumur mengadung zat besi yg tinggi harus pakai kaporit biarpun dosisnya sedikit, benar ampuh menghilangkan zat besi baru di saring pakai tabung filter pasir dan carbon aktif kalau mau di minum tambah mesin RO yg rumah tangga air baru benar2 jernih n puas thanks

    BalasHapus
  15. Tanpa kaporit juga bisa cuma hrs tambah 1x tangki dari air sumur, di rendam 1x mlm dan pakai pompa udara aquarium cukup 1 aja dan isikan carbon aktif bekas dari filter cuma di lobang tangki pakai sarigan pompa air biar tdk tersumbat, gini caranya air baku baru ringan di saring dan pasti jernih thanks

    BalasHapus
  16. Saya liat hasil sarigan di ember merah kurang jelas harusnya di ember putih lebih jelas liat hasil warna air kalau hijau tuh super jernih dan kalau bening berarti reaksi carbon aktif nya bagus dan berfungsi

    BalasHapus
  17. Saya liat hasil sarigan di ember merah kurang jelas harusnya di ember putih lebih jelas liat hasil warna air kalau hijau tuh super jernih dan kalau bening berarti reaksi carbon aktif nya bagus dan berfungsi

    BalasHapus
  18. Untuk filter 3 filter apa namanya???

    BalasHapus
  19. Bagus sekali artikelnya, Sangat bermanfaat.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  20. FILTER AIR TERMURAH DAN BERKUALITAS KUNJUNGI JUGA


    Alat Penjernih Air http://www.alat-penjernihair.net/

    Filter Air http://www.waser.asia/

    Filter Air Tanah http://www.filterairtanah.com/

    Filter Air http://www.filter-air.net/

    BalasHapus
  21. Mantap..
    Sy cma pakai botol bekas freshtea d isi pasir ayak halus lumayan bersih hehe

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Pesan Anda