Cari Cepat Google

Rabu, 07 Desember 2011

Proposal Pembangunan Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan SKPD

  • Latar Belakang 
  • Sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 59 Tahun 2007 Tanggal 26 Oktober 2007 tentang “Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah”. Pada Aturan Peralihan Pasal 333A berbunyi “Peraturan Menteri Ini dilaksanakan Paling Lambat mulai Tahun Anggaran 2009”.Reformasi Pengelolaan Keuangan Daerah dimulai dengan keluarnya Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah tanggal 9 Desember 2005. Sebelumnya pada tahun yang sama juga di terbitkan Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntasi Pemerintahan (SAP) Tanggal 13 Juni 2005. Selanjutnya pada tahun 2006 Diterbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 tanggal 15 Mei 2006. Karena Kondisi yang berkembang dengan diterbitkannya PP 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan dan PP 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Maka Permendagri No. 13 Tahun 2006 tersebut disempurnakan lagi dengan Permendagri No. 59 Tahun 2007 tanggal 26 Oktober 2007 tentang “Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah”. 
  • Maksud dan Tujuan 
  • Sebagai Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Menteri dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 yang kemudian disempurnakan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 59 Tahun 2007 Wajib Untuk Dilaksankan. Permendagri sebagai Omnibus Regulation adalah muara dari beberapa peraturan yang lebih tinggi. Dalam rangka pelasanaan ini maka diperlukan suatu kegiatan yang dapat mengcover implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri ini. Kegiatan yang dimaksud adalah Pembuatan Sistem Informasi Bendahara Pengeluaran dan PPK SKPD.  Kegiatan ini meliputi perancangan system, dan implementasi sistem informasi ke SKPD.
  • Sasaran
  • Sebagai Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Menteri dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 yang kemudian disempurnakan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 59 Tahun 2007. Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal Komit untuk melaksanakannya. Aspek yang terlibat dalam pelaksanaan ini pembuatan sistem informasi dan pelatihan penggunaan sistem informasi tersebut.. Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan terciptanya sistem informasi yang dapat digunakan oleh bendahara pengeluaran dalam melaksanakan fungsinya.
    Sebagai alat bantu yang digunakan oleh bendahara pengeluaran dan PPK SKPD dalam melaksanakan fungsinya maka sistem ini harus memuat fungsi pencatatan pengolahan dan pertanggungjawaban.  Artinya harus memiliki fungsi domentasi, fungsi pengolahan dan reporting. Untuk dokumentasi seperti Buku Kas umum, untuk pengolahan dan reporting seperti Surat Pertanggungjawaban, Jurnal, Buku Besar, Laporan Keuangan SKPD.
     
  • Ruang Lingkup dan Lokasi Kegiatan
  • Ruang Lingkup : Ruang lingkup utama dari pekerjaan ini adalah Bendahara Pengeluaran dan PPK SKPD  yang meliputi Pembuatan SPP, Pencatatan Documen, Pencatatan BKU, Pembuatan Laporan-laporan dan Surat Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran Baik Fungsional maupun Administratif, penjurnalan, posting buku besar, Prognosis, Laporan Keuangan dan Realisasi Anggaran (LRA). Dasar Hukum yang digunakan adalah Permendagri No. 55 Tahun 2008 dan Permendagri No. 59 Tahun 2007.
    Lokasi Kegiatan : Kegiatan ini dilaksanakan pada Bagian Bendahara Pengeluaran SKPD 
  • Metodologi
Metodologi yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan ini meliputi a.    Rumusan Ideb.    Analisis Kebutuhanc.    Design d.    Implementasie.    Testingf.    Deployment and Support
  • Tenaga Ahli
  1. Ketua TIM (project manager) ; Ketua tim yang disyaratkan berpendidikan miniman Sarjana (S1) di bidang Teknik Komputer, Sistem Informasi, Management Informatika, Teknik Informatika dan Sejenisnya serta  mempunyai pengalaman dan kemampuan untuk sistem informasi minimum 3 Tahun Sebanyak 1 Orang
  2. System Analist; Disyaratkan Berpendidikan minimum Sarjana (S1) di bidang  Teknik Komputer, Sistem Informasi, Management Informatika, Teknik Informatika dan Sejenisnya dengan pengalaman minimum 2 Tahun Sebanyak 1 Orang
  3. Accounting; Disyaratkan berpendidikan minimum Sarjana di bidang Ekonomi, Sarjana Akuntasi, Sarjana Di bidang Tataniaga minimum 2 Tahun Sebanyak 1 Orang
  4. Programmer; Disyaratkan berpendidikan minimum Sarjana (S1) di bidang Teknik Komputer, Sistem Informasi, Management Informatika, Teknik Informatika dan Sejenisnya dengan pengalaman minimum 1 Tahun sebanyak 2 Orang
  5. Tester; Disyaratkan berpendidikan minimum Sarjana di bidang Teknik Komputer, Sistem Informasi, Management Informatika, Teknik Informatika dan Sejenisnya dengan pengalaman minimum 1 Tahun sebanyak 2 Orang
  6. Dokumenter; Disyaratkan berpendidikan minimum Sarjana di bidang Ekonomi, Sarjana Akuntasi, Sarjana Di bidang Tataniaga, Sekretaris minimum 1 Tahun Sebanyak 1 Orang
  • Keluaran
Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan akan tercipta infrastruktur yang memadai untuk Pengelolaan Keuangan daerah serta didukung oleh aplikasi Komputer  yang berpedoman pada Aturan tersebut diatas. Fitur-fitur  yang diinginkan dari kegiatan :
1.    Pembangunan Sistem Informasi Bendahara Pengeluaran ini adalah sebagai berikut :

  • Pembuatan SPP UP
  • Pembuatan SPP GU
  • Pembuatan SPP TU
  • Pembuatan SPP LS-Gaji
  • Pembuatan SPP LS-Barang dan Jasa
  • Pencatatan Buku Kas Umum
  • Pencatatan Buku Simpanan / Bank
  • Pencatatan Buku Panjar
  • Laporan Rekapitulasi Pengeluaran per rincian Objek
  • Register SPP UP/GU/TU/LS
  • Surat Pertanggungjawab Fungsional
  • Surat Pertanggunjawaban Administratif 
  • Surat Pengesahan Pertanggungjawaban Bendahara Fungsional

2.    Pembangunan Sistem Informasi PPK SKPD

  • Pembuatan Surat Perintah Membayar
  • Mencatat Surat Pertanggungjawaban Administratif Bendahara Penerimaan
  • Mencatat Surat Pertanggungjawaban Administratif Bendahara Pengeluaran
  • Verifikasi SPJ Fungsional Bendahara Penerimaan
  • Verifikasi  SPJ Fungsional Bendahara Pengeluaran
  • Penerbitan SPJ Fungsional Bendahara Pengeluaran
  • Penerbitan SPJ Fungsional Bendahara Penerimaan
  • Jurnal Penerimaan Kas
  • Jurnal Pengeluaran Kas
  • Jurnal Umum
  • Buku Besar
  • Buku Besar Pembantu
  • Prognosis 6 (enam) bulan berikut nya
  • Laporan Realiasi Per Rekening
  • Laporan Realisasi APBD
  • Laporan Realisasi Anggaran
  • Neraca SKPD

Bagi para peminat aplikasi ini, silahkan kirimkan email ke agarainternasional.net@gmail.com
CP. 08126697013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan Anda