Cari Cepat Google

Rabu, 29 Mei 2013

Membuat Sharing Akses Internet dengan Modem Via Wifi Router

Tulisan ini dibuat sesuai dengan pengalaman sebenar nya dimana pada saat perangkat mobile yang digunakan kehabisan kuota internet dan tidak bisa digunakan sama sekali untuk browsing, sedangkan kuota Modem AHA masih banyak untuk mengatasi masalah tersebut harus ada cara melakukan Sharing Akses Internet dengan Modem Via Wifi Router sehingga perangkat mobile yang digunakan tetap bisa mengakses data internet.

untuk membagi pengalaman tersebut akan disajikan bagaimana membuat akses internet via modem yang kemudian disharing via Wifi Router. Tulisan ini dibuat sesuai dengan pengalaman yang sudah berhasil diujicobakan.

Sebagai sarana utama yang dibutuhkan adalah
  1. PC/Laptop yang memiliki wireless network connections
  2. OS Windows 7
  3. Modem AHA atau modem merk lain yang masih memiliki kuota akses internet
  4. Wifi router untuk sharing akses internet
Sedangkan perangkat pendukung adalah perangkat mobile lainnya yang bisa melakukan akses internet via Wifi.
Langkah kerja nya adalah sebagai berikut:
Pasang Modem AHA ke PC/Laptop kemudian hubungkan akses internet nya seperti gambar berikut:


untuk mendapatkan akses internet yang baik dan cepat usahakan mode jaringan yang dipilih adalah HSDPA untuk GSM sedangkan untuk WCDMA pada mode EVDO, setelah koneksi internet terhubung langkah berikut adalah adalah Hidupkan Wifi Router dan koneksikan PC/Laptop ke Wifi Router tersebut dengan wireless network connections.
adapun settingngan untuk wireless network connections adalah seperti gambar berikut:
langkah berikut nya adalah langkah terpenting untuk sharing internet nya adalah melakukan internet connections sharing pada  driver modem AHA yang sudah terinstall di PC/laptop. adapun langkah nya adalah seperti gambar berikut:

sampai disini proses sharing akses internet Modem AHA via Wifi Router sudah selesai dilakukan, untuk melakukan tes akses internet nya koneksikan perangkat wifi mobile anda ke wifi router dan buka browser nya, jika tidak berhasil hal-hal yang harus diperhatikan adalah:
  1. Matikan firewall anda di PC/Laptop
  2. Disconnect Dialer AHA/Modem anda kemudian Connect kan lagi
  3. Matikan Wifi Router kemudian hidupkan lagi
secara garis besar alur diagram untuk pembuatan sharing akses internet modem AHA via Wifi Router adalah seperti gambar berikut:
Berikan tanggapan dan komentar anda, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan Anda